Friday, 27 April 2018

5 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil - Manfaat buah naga untuk ibu hamil memang sudah banyak diketahui masyarakat umum. Kanduangn vitamin juga mineral pada buah naga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan janin. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Ketika sedang mengandung, seorang ibu harus bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri juga kesehatan janin. Oleh sebab itu, konsumsi banyak buah-buahan dan sayur sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil yakni buah naga.

5 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga mengandung banyak macam nutrisi, yakni vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, protein, antioksidan, dan zat besi. Tak heran jika buah naga ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan karena banyaknya kandungan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil


Banyak ibu hamil yang masih ragu dan merasa takut untuk mengonsumsi buah naga. Padahal kandungan nutrisi yang ada pada buah ini sangat baik untuk ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya. Berikut ini manfaat buah naga untuk ibu hamil:

Manfaat 1: Vitamin C
Mengonsumsi vitamin C pada masa kehamilan sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bagi janinnya. Vitamin C dibutuhkan oleh janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel, juga membentuk kolagen pada tulang, otot, kulit dan pembuluh darah. Vitamin tersebut dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Tapi jika Anda mengonsumsi vitamin C secara berlebihan dapat meningkatkan resiko kelahiran prematur.

Manfaat 2: Karbohidrat
Wanita yang sedang hamil disarankan mengkonsumsi minimal 9 sampai 11 porsi makanan yang mengandung karbohidrat per hari. Karbohidrat berfungsi untuk menjadi sumber energi Anda dan pertumbuhan Janin. Anda dapat memanfaatkan karbohidrat alami pada buah naga. Pada daging buah naga mengandung kurang lebih 11 gram karbohidrat atau 62 kalori per takaran saji. Untuk memenuhi asupan karbohidrat, Anda bisa mencoba makan sumber karbohidrat dari nasi, rogi gandu, sereal juga sayuran.

Manfaat 3: Antioksidan
Makan makanan yang mengandung antioksidan saat hamil sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, serta meningkatkan perkembangan otak janin. Pada buah naga mengandung jenis antioksidan betalain, hydroxycinnamatesm dan flavonoid. Sebagai pengganti buah naga, Anda dapat mendapatkan antioksidan dari sayuran atau buah apel, pir, anggur, dan brokoli.

Manfaat 4: Sumber serat
Ibu hamil disarankan makan makanan yang mengandung 25 sampai 35 gram serat per hari. Serat bermanfaat untuk mencegah terjadinya sembelit dan mengeluarkan racun pada tubuh. Buah naga mengandung 3 gram serat setiap 100 gram buah naga.

Manfaat 5: Zat besi
Zat besi berperan penting untuk pertumbuhan janin. Selain itu, makan makanan yang mengandung zat besi yang cukup dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah anemia pada ibu hamil. Kekurangan zat besi pada saat hamil dapat menyebabkan bayi terlahir prematur dan berat badan yang rendah.

Demikian mengenai 5 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil semoga bermanfaat untuk Anda.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon