Saturday, 28 April 2018

Cara Menyembuhkan Bintit di Mata dengan Mudah

Cara Menyembuhkan atau Mengobati Bintit di Mata dengan Mudah, Mengatasi Bintit pada Anak, Menghilangkan Bintitan di Mata dengan Cepat - Bintit atau juga disebut bintitan merupakan benjolan kecil seperti jerawat dengan ciri-ciri kemerahan dan terasa sakit pada ujung kelopak mata. Kadang folikel bulu mata atau kelenjar minyak pada kelopak mata mengalami infeksi. Walaupun terlihat memerah dan terasa perih, pembengkakan ini biasanya sembuh secara sendirinya dalam waktu sekitar seminggu. Sakit bintit biasanya tidak berbahaya. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi bintit di mata untuk meredakan nyeri dan mengurangi pembekakannya, juga mencegah munculnya bintit kembali.

Mengatasi Bintit

Cara 1:
Bersihkan benjolan bintit. Umumnya bintitan muncul dengan sendirinya tanpa kita sadari, tapi kadang juga dapat disebabkan oleh paparan benda asing seperti debu kotor atau debu yang dihasilkan dari riasan. Penyakit bintit itu merupakan infeksi kecil yang disebabkan oleh bakteri. Jika muncul bintit pada mata, hal utama yang harus anda lakukan adalah membersihkannya. Hal ini dilakukan agar mencegah bakteri berkembang dan membuat bintitan menjadi lebih parah.

Segera cuci tangan Anda sampai bersih, lalu gunakan bola kapas atau pengorek kuping yang bersuh untuk membersihkan bititan di mata dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan sampo untuk bayi agar mata tidak pedih di mata. Pastikan kedua tangan anda juga alat pembersih yang digunakan dalam keadaan bersih.

Bintit umumnya disebabkan karena bakteri stafilokokus yang masuk kedalam folikel bulu mata atau kelenjari di sudut mata Anda. Ini juga bisa disebabkan karena Anda menyentuhnya dengan tangan yang kotor.

Cara 2:
Memberi kompres hangat pada mata Anda. Bengkak dan nyeri yang ditimbulkan karena bintit sebaiknya dirawat dengan memberikan kompres hangat. Segera lakukan kompres hangat dengan mengunakan handuk bersih atau kain lainnya yang dicelupkan kedalam air bersuhu hangat. Letakan kompres pada mata Anda dan biarkan selama 10 menit. Lakukan kompres berulang selama 10 menit.

Suhu hangat pada kompres akan menyebabkan bintit mengerut dan mengeluarkan nanah. Jika hal ini terjadi pada bintit Anda, bersihkan dengan kain lainnya yang juga bersih. Setelah nanah keluar dalam bintit, biasanya gejala akan mereda dengan cepat.

Cara 3:
Pastikan Anda jangan sesekali menyentuh atau mencoba memecahkan bintit sendiri. Menekan atau memencet dan mencoba memecahkan bintit hanya akan membuatnya menjadi lebih parah, bahkan dapat menyebabkan luka parut. Hindari segera!


Cara 4:
Menggunakan krim antibakteri. Krim antibakteri sangat mudah Anda temukan di toko terdekat. Anda bisa juga menanyakan pada Apoteker mengenai obat krim antibakteri yang aman untuk mata. Walaupun begitu, anda harus berhati-hati agar tidak masuk kedalam mata.

Dengan antibiotik, penyembuhan bintitan dapat sembuh dengan cepat. Anestesi yang terkandung dalam krim dapat merendahkan nyeri akibat bintit. Namun jika masuk kedalam mata, bisa menyebankan masalah yang serius. jadi Anda harus berhati-hati menggunakannya.

Cara 5:
Cobalah untuk melakukan perawatan alami di rumah. Bahan alami dapat membantu menyembuhkan sakit bintit dan mengurangi nyeri serta bengkaknya. Jangan sampai bahan ini masuk ke dalam mata Anda, dan jika mata Anda terasa pedih, segera hentikan penggunaannya.

Gel lidah buaya dapat mengurangi bengkak dan kemerahan. Oleskan getah dagingnya pada bagian yang sakit. Anda juga bisa menggunakan kapas untuk mengoleskan getah lidah buaya pada luka bintit.

Baca Juga: Cara Membuat Gel Lidah Buaya Tahan Lama

Cara 6:
Menggunakan obat pereda nyeri. Jika bintit yang Anda alami sangat menyakitkan dan mengganggu, gunakan obat antiinflamasi nonsteroid untuk menguranginya selama beberapa hari pertama. Gunakan dosis yang dianjurkan dalam kemasan. Jangan berikan obat ini pada anak berusia dibawah 16 tahun.

Cara 7:
Mengunjungi dokter. Carilah pertolongan medis jika bintit Anda tidak juga sembuh dalam satu minggu. Jika area bengkak semakin luas atau penglihatan Anda terganggu, segera cari pertolongan medis karena bintit Anda semakin parah.

Cara Menyembuhkan Bintit di Mata dengan Mudah

Mencegah Munculnya Bintit Pada Mata

Anda dapat mencuci kelopak mata Anda untuk menghindari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada mata Anda. Gunakan handuk khusus untuk membersihkan wajah Anda. Jangan gunakan handuk yang biasanya Anda gunakan untuk mengeringkan badan setelah mandi. Jika Anda sering mengalami bintit, Anda harus membersihkan kelopak mata Anda setiap hari.

Pastikan juga Anda mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Salah satu penyebab bintit yang paling umum adalah bakteri yang pindah dari tangan kemata Anda. Biasakan diri untuk mencuci tangan setelah menyentuh barang yang sering disentuh banyak orang, misalnya uang.

Cara Mengobati Bintitan pada Anak

Bintit pada Anak juga bisa terjadi dan dapat diatasi dengan mudah. Anda bisa menggunakan kompres hangat dengan menggunakan handuk yang bersih. Jangan gunakan antibiotik atau krim lainnya karena ada beberapa jenis tertentu yang berbahaya untuk Anak. Sebaiknya gunakan cara aman dengan kompres hangat atau mengoleskan gel lidah buaya pada bintit.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon