Friday, 27 April 2018

14 Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil dan Manfaat

14 Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil dan Manfaat - Makanan yang bergizi sangat penting bagi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. Oleh sebab itu, penting sekali ibu hamil mengetahui jenis makanan bergizi untuk kehamilan agar janin yang dikandung tetap sehat juga pertumbuhan yang baik.

Ketika hamil, menjaga pola makan serta stamina, sangat penting dilakukan. Apalagi jika usia kehamilan sudah memasuki trimester dua sampai trimester tiga. Pada umumnya ibu hamil membutuhkan asupan tambahan 300 sampai dengan 500 kalori setiap hari. Tapi, ibu juga harus memperhatikan setiap jenis makanan yang dikonsumsi, karena jiga salah makan atau kekurangan asupan nutrisi selama hamil, akan berdampak pada perkembangan janin.

14 Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil dan Manfaat

Pada umumnya, ibu hamil membutuhkan makanan yang baik, mengandung gizi tinggi yang sesuai dengan kebutuhan ibu dan jani. Walaupun begitu, bukan berarti semua makanan bergizi dapat Anda konsumsi begitu saja. Ada beberapa jenis makanan yang terbukti memiliki gizi tinggi, tapi tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil, contohnya telur dan daging mentah, juga produk olahan susu yang belum melewati proses pasteurisasi.

Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Asupan nutrisi pada masa kehamilan, baik jenis atau jumlah, memang menjadi hal yang wajib untuk semua ibu hamil. Kebutuhan berbagai jenis asupan gizi akan bertambah seiring dengan waktu usia kehamilan Berikut ini beberapa makanan yang dapat mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil dan janin:


Brokoli
Brokoli merupakan makanan yang memiliki gizi paling tinggi untuk ibu hamil. Sayur hijau yang memiliki fisik seperti pohon kecil ini memiliki banyak nutrisi yang diperlukan selama kehamilan, contohnya kalsium dan asam folat. Selain itu juga brokoli mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi dan berperan untuk mencegah radikal bebas dan melawan penyakit. Brokoli dapat membantu tubuh menyerap zat besi, membantu menghilangkan sembelit, serta mencegah bayi terlahir dengan berat badan yang rendah.

Bayam
Sayuran hijau ini bagus untuk dikonsumsi pada masa kehamilan, khususnya untuk ibu hamil muda, karena bayam memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang tinggi. Konsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi sangat diperlukan pada awal kehamilan, karena dapat mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf atau cacat pada bagian otak dan saraf tulang belakang.

Pisang
Buah pisang mengandung vitamin B6 yang baik dimakan oleh ibu hamil pada tingkat trimester pertama, karena dapat mengurangi rasa mual yang biasanya dialami di trimester pertama masa kehamilan. Selain itu juga pisang memiliki kandungan kaya kalium yang bermanfaat untuk mengatur keseimbangan cairan serta elektrolit selama kehamilan.

Alpukat
Ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua, ibu hamil disarankan untuk makan buah alpukat. Buah Alpukat kaya dengan sumber serat, vitamin K, vitamin C, asam folat, kalium, vitamin B6 dan tiggi asam lemak baik. Semua itu dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat membantu perkembangan otak, sistem saraf, juga kulit dan jaringan baik.

Jeruk
Buah jeruk mengandung vitamin C, asam folat, dan serat. Kandungan air yang ada pada buah jeruk dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kandungan folat yang tinggi pada buah jeruk membantu untuk perkembangan otak dan saraf tulang belakang pada janin.

Mangga
Buah lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil yakni buah mangga. Mangga mengandung kalium, vitamin C, dan tinggi vitamin A. Kalium yang terdapat pada buah mangga dapat membantu menjaga tekanan darah dan mempertahankan cairan dalam tubuh. Vitamin A yang terdapat pada buah mangga juga sebagai antioksidan, dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, dan sistem saraf bayi.

Ubi
Ubi adalah salah satu makanan bergizi tinggi yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Ubi mengandung vitamin A. Memenuhi kebutuhan vitamin A pada saat hamil sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan janin. Pada umumnya wanita hamil disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A sebanyak 10 sampai 40 persen dari kebutuhan sehari-hari. Walaupun begitu, Ibu hamil harus berhati-hati ketika mengkonsumsi vitamin a dalam dosis yang tinggi karena dapat menyebabkan kecacatan janin.

Beberapa makanan bergizi untuk ibu hamil lainnya yakni:

  • Kacang-kacangan
  • Daging tanpa lemak
  • Ikan salmon
  • Produk olahan susu
  • Buah kering
  • Minum air secukupnya


Demikian mengenai Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil beserta dengan Manfaat yang didapatkan, semoga bermanfaat untuk anda.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon