Monday, 12 March 2018

Cara Mengobati Luka di Lidah dengan Mudah

Cara Mengobati Luka di Lidah - Apakah lidah Anda luka karena tergigit atau disebabkan oleh sesuatu yang tajam seperti benda tajam atau gigi patah? Luka pada lidah merupakan hal yang biasa. Meskipun terasa sakit dan tidak nyaman, pada umumnya akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Dalam kasus yang cukup parah juga, luka akan sembuh jika mendapatkan perhatian medis, dirawat, juga ditunggu dalam beberawa waktu.

Bagaimana Cara Mengobati Luka di Lidah?

1. Mengontrol Pendarahan

Mencuci tangan. Bilas tangan anda dengan air bersih yang mengalir juga sabun kemudian keringkan dengan handuk yang bersih. Dengan mencuci tangan maka dapat pencegah infeksi pada lidah.

Membersihkan mulut. Berkumurlah dengan air hangat selama beberapa detik. Dengan berkumur cara ini akan membersihkan luka dan menghilangkan sisa kotoran di lidah.

Beri sedikit tekanan dengan perban atau kain bersih. Anda juga bisa menggunakan handuk yang bersih lalu tekan pada luka dengan perlahan. Jangan lepaskan perban sampai darah berhenti keluar. Jika darah tidak berhenti keluar segera cari bantuan medis.

Jika Anda memutuskan untuk segera mengunjungi dokter, Jangan buang perban yang Anda gunakan sebelumnya. Masukan kedalam plastik kemudian bawa ke klinik. Dokter dapat mengetahui seberapa parah luka yang dialami dengan melihat bekas perban dan berapa banyak darah yang keluar.

Gunakan es batu pada luka di lidah. Gunakan es batu yang dibungkus kain kemudian tempelkan pada luka dan tahan selama beberapa detik. Es dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan menghentikan pendarahan. Selain itu juga dapat mengurangi rasa sakit pada luka.

Segera cari bantuan medis jika diperlukan. Anda harus mengunjungi dokter jika lidah tidak sembuh dengan sendirinya. Apabila aanda mengalami gejala seperti berikut ini, Anda harus ke IGD secepatnya:

Pendarahan yang tidak terkontrol atau mengalami pendarahan yang cukup serius, Luka di sepanjang tepi lidah, Luka di lidak yang terus membuka, mengalami shock, terdapat partikel atau benda pada luka, kulit pucat, dingin, atau lembab, sesak napas atau cepat.


2. Mempercepat Penyembuhan di Rumah

Cobalah untuk berkumur dengan obat kumur yang bebas dari komposisi alkohol. Anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk anak-anak karena tidak memiliki komposisi alkohol didalamnya. Dengan obat kumur dapat membunuh bakteri dan mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan. Hindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan rasa sakit.

Berkumur dengan air garam. Gara merupakan antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri. Campur segelas air hangat dengan satu sendok garam, kemudian berkumur dua kali sehari.

Menggunakan gel lidah buaya. Anda dapat menggunakan gel lidah buaya untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan pada luka di lidah.


Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Makanan yang mengandung vitamin C dapat mempercepat penyembuhan pada luka di lidah. Cobalah untuk mengkonsumsi buah seperti mangga dan anggur untuk mempercepat penyembuhan tanpa ada tambahan rasa sakit yang tidak nyaman di lidah.

Cara Mengobati Luka di Lidah dengan Mudah

3. Mengurangi Rasa Sakit di Lidah

Konsumsi makanan yang lunak. Selama dalam proses penyembuhan, pilih jenis makanan yang lunak. Makanan yang lunak dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Anda bisa menggunakan makanan bayi, atau menghaluskan makanan dengan mesih blender. Makanan yang memiliki tekstur lunak antara lain adalah telur, daging giling, selai kacang, buah, sayur rebus, nasi, dan pasta.

Hindari makanan juga minuman yang dapat mengiritasi. Makanan yang memiliki rasa asin, pedas, dan kering dapat memperparah rasa sakit yang disebabkan karena luka. Minuman yang mengandung komposisi alkoho dan kafeina seperti kopi juga dapat menambah rasa sakit luka.

Minum air sebanyaknya. Mulut yang kering dapat memperparah rasa sakit atau tidak nyaman di lidah. Dengan mengkonsumsi cairan dapat mempercepat proses penyembuhan. Selain itu juga dapat mencegah bau mulut. Anda bisa menambahkan jeruk jika menurut Anda lebih enak.

Konsumsi obat penghilang rasa sakit. Lidah mungkin akan mengalami bengkak dan tidak nyaman di lidah. Obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan naproxen sodium dapat menghilangkan rasa sakit dan mencegah bengkak pada lidah. Ikuti dosis yang dianjurkan oleh dokter atau kemasan obat.

Referensi: https://id.wikihow.com/Menyembuhkan-Luka-di-Lidah

2 komentar

Terima kasih atas pembahasannya mengenai cara mengobati luka di lidah. Pengobatan alami dengan penggunaan gel lidah buaya sangat efektif karena lidah buaya sudah lama dipercaya untuk mengobati berbagai luka di kulit juga sebagai masker wajah dan shampo

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon