Tuesday, 6 March 2018

Cara Menghilangkan Bekas Jahitan Operasi

Cara Menghilangkan Bekas Jahitan Operasi - Jahitan dibutuhkan untuk mengatasi luka dalam atau menutup sayatan setelah operasi. Jahitan harus dirawat dengan baik juga harus dibersihkan setiap hari agar tidak meninggalkan luka. Setiap orang mengalami pemulihan kulit yang berbeda sehingga kadang muncul bekas jahitan atau luka parut pada kulit. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bekas jahitan juga mencegah muncul luka pada bekas jahitan yang sudah lama.

Cara Menghilangkan Bekas Jahitan Operasi

Menghilangkan Bekas Jahitan dengan perawatan di rumah

Lindungi bekas jahitan dan bersihkan pada siang hari. Membuka perban dan membiarkan bekas jahitan terbuka justru dapat memperlambat pemulihan. Pastikan bekas jahitan tertutup dengan perban yang bersih untuk mencegah timbul unfeksi pada luka.

Mungkin dokter akan memberikan salep antibiotik atau menyarankan Anda untuk membeli antibiotik bebas seperti antibiotik Neosporin. Salep ini akan membantu melawan infeksi juga dapat membantu pemulihan bekas jahitan.

Ganti perban lama perban baru setiap kali Anda mengoleskan obat antibiotik ke permukaan jahitan. Setelah penggunaan salep antibiotik selama satu minggu, Anda boleh menggunakan petroleum jelly untuk membantu menumbuhkan kulit baru di permukaan bekas jahitan


Gunakan pembalut silikon untuk membantu pemulihan bekas jahitan. Pembalut silikon dapat memberikan tekanan secara menerus pada bekas jahitan. Tekanan ini dapa membantu menyembuhkan bekas jahitan juga meratakan jaringan parut. Contoh pembalut silikon: Curad Scar Therapy Cosmetic Pads, Rejuveness Pure Silicone Sheets, dan Syprex. Beberapa diantaranya dapat dipotong sehingga bisa dibentuk sesuai dengan bekas jahitan.

Jangan gunakan vitamin E atau Hidrogen Peroksida pada bekas jahitan. Berdasarkan hasil penelitian, vitamin E justru dapat memperlambat pemulihan luka.

Lindungi bekas jahitan terkena sinar matahari. Sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari dapat merusak bekas jahitan dan memperlambat pemulihannya. Untuk menghindarinya, silahkan gunakan tabir surya pada permukaan kulit.

Lakukan pemijatan pada area bekas luka setelah sembuh. Memijat bekas luka yang sembuh akan membantu menghancurkan gumpalan kolagen yang menempel di bawah jaringan.

Menghilangkan Bekas Jahitan Menggunakan Perawatan Profesional

Lepaskan jahitan setelah satu minggu. Kunjungi dokter dan mintalah untuk melepas jahitan luar setelah satu mingu untuk menghindari terbentuknya jaringan parut yang permanen pada kuit.

Untuk perawatan yang lebih serius, pertimbangkan perawatan laser yang bisa menghilangkan bekas jahitan dengan cepat.

Kunjungi dokter jika bekas jahitan memerah, mengalami iritasi, atau membengkak. Jika Anda mengalami gejala ini juga disertai dengan demam, sebaiknya mengunjungi dokter. Bekas jahitan Anda kemungkinan terinfeksi atau mengalami alergi karena krim anti bakteri.

sumber: https://id.wikihow.com/Menghilangkan-Bekas-Jahitan

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon