Tuesday, 1 August 2017

Cara Pengobatan Infeksi Jamur pada Telinga

Pengobatan Infeksi Jamur pada Telinga - bagaimana cara mengatasi infeksi jamur telinga? Penyakit infeksi jamur pada telinga disebut sebagai otomycosis yang menyerang pada bagian kanal telinga. Infeksi jamur telinga juga disebut sebagai infeksi bakteri. penyebab otomycosis yang paling umum merupakan spesies jamur Candida dan Aspergillus. dokter akan merawat infeksi jamur dengan cara yang sama dengan infeksi bakteri. dokter juga kadang menyuruh untuk mencoba pengobata rumahan.

Cara Pengobatan Infeksi Jamur pada Telinga

Gejala Infeksi Jamur pada Telinga

1. Gatal di telinga

Jika telinga Anda gatal, itu merupakan hal yang biasa. tapi jika telinga selalu gatal dan tidak bisa diatasi dengan cara menggaruk, bisa jadi Anda terserang penyakit infeksi jamur.

2. Mengalami rasa sakit

Anda akan mengalami rasa sakit pada bagian telinga yang terinfeksi jamur. kadang penderita akan merasakan seperti ada tekanan atau berisi. rasa nyeri kadang ringan atau parah. biasanya rasa sakit ini timbul ketika Anda sedang menyentuh telinga atau sedang mengunyah.

3. Mengeluarkan cairan telinga

Segera periksa ke dokter, apakah telinga mengeluarkan cairan yang disebabkan oleh infeksi jamur. cairan yang keluar dari telinga karena infeksi biasanya kental dan berwarna putih atau kuning, kadang dalam kasus yang leibh parah, mengeluarkan darah atau aroma yang tidak sedap.

4, Kesulitan mendengar

Infeksi jamur pada telinga bisa membuat penderitanya sedikit kesulitan untuk mendengar.


Mengobati Infeksi Jamur pada Telinga

1. Jika Anda mengalami infeksi telinga, kemudian mengalami rasa sakit, gangguan pendengaran, segera berkunjung ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan mencari perawatan yang terbaik.

2. Menggunakan clotrimazole untuk menghilangkan infeksi jamur pada telinga. Cairan clotrimazole merupakan obat antijamur yang banyak digunakan dan direkomendasikan oleh dokter untuk mengatasi jamur telinga. obat ini sangat baik untuk membunuh jamur candida dan aspergillus. Walaupun obat ini sangat ampuh, obat ini memiliki efek samping berupa iritasi pada telinga dan merasakan sedikit terbakar.

Jika anda ingin menggunakan obat ini, segera cuci tangan dengan air dan sabun. bersihkan telinga dengan air hangat.

3. Mintalah resep fluconazole. jika infeksi jamur pada telinga Anda sudah parah keadaannya, biasanya dokter akan membuat resep fluconazole. efek sampingnya adalah sakit kepala, mual, dan sakit perut. Obat Fluconazole dikonsumsi dalam bentuk tablet. dokter biasanya akan meresepkan satu dosis sebanyak 200 mb untuk satu hari. kemudian 100 mb setiap hai selama tiga atau lima hari sesudahnya.

4. Hindari antibiotik. Antibiotik hanya efektif untuk menghilangkan infeksi bakteri. walaupun begitu, obat antibiotik tidak bisa digunakan untuk mengatasi infeksi jamur.

Mengobati Infeksi Jamur Telinga di Rumah

1. Silahkan gunakan hidrogen peroksida. tuangkan tiga tetes ke telinga yang terinfeksi jamur dengan menggunakan alat pipet obat. biarkan obat tetes berada dalam telinga selama lima hingga sepuluh menit kemudian miringkan kepala untuk mengeringkan.

2. Menggunakan pengering rambut. Silahkan nyalakan pengering rambut dengan suhu terendah kemudian letakan ujungnya pada jarak 25 cm dari telinga yang terinfeksi jamur. cara ini dapat mengeringkan kanal telinga sehingga dapat memperlambat tumbuhnya jamur.

3. Menggunakan kompres hangat. silahkan gunakan handuk atau lap bersih kemudian rendam pada air dengan suhu hangat. pastikan tidak menggunakan suhu yang terlalu paas. segera letakan handuk ini di atas telinga yang terinfeksi kemudian tunggu hingga dingin. dengan cara ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit tanpa harus mengobati obat. selain itu juga dengan menggunakan metode ini, aliran darah yang terdapat pada area terinfeksi akan meningkat sehingga lebih cepat untuk sembuh.

4. Mengkonsumsi makanan dengan kaya vitamin C. makanan dengan vitamin C dibutuhkan untuk pertumbuhan juga perbaikan jaringan yang rusak oleh infeksi jamur. Vitamin C dapat membantu tubuh menghasilkan kolagen yang merupakan protein penting untuk membuat jaringan kulit, tulang, juga pembuluh darah.

5. Menggunakan minyak zaitun. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan cairan infeksi jamur. silahkan teteskan tiga kali minyak zaitun kedalam telinga yang terinfeksi jamur. biarkan selama 5 atau 10 menit kemudian miringkan kepala untuk mengeringkan.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon